5 Langkah Mudah Membuat Curriculum Vitae (CV) Lebih Menarik

Published on May 31, 2012 by   ·   7 Comments

CV (curriculum vitae) adalah daftar rangkaian dari riwayat hidup yang lebih detil yang menyajikan informasi mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, penghargaan, skill/kemampuan dan informasi detil lainnya. Biasanya CV atau curriculum vitae dibuat menjadi sebuah halaman sederhana yang bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi Microsoft word saja, namun ternyata CV juga bisa kita buat lebih menarik sesuai dengan kepribadian kita dan merupakan nilai tambah bagi tim rekrutmen jika CV kita disajikan lebih menarik. Pembuatan CV agar lebih menarik bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Indesign, Corel Draw dan aplikasi desain lainnya yang kita kuasai.

Pembuatan CV bisa dibuat dalam bentuk infografik, atau didesain dengan tampilan yang lebih menarik. Ada baikknya jika  isi CV bisa menampilkan semua kompetensi dan kualifikasi kita seperti skill, penghargaan, seminar/workshop yang pernah diiikuti, pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi, training dan informasi lainnya.

Didalam melamar pekerjaan, CV menjadi poin penting bagi tim rekrutment dalam menyeleksi calon karyawan untuk perusahaan mereka. Jadi membuat CV kita lebih menarik merupakan kiat sukses agar lamaran kita mudah dilirik dan lolos ke proses rekrutmen selanjutnya. Selain CV, kita juga bisa melampirkan Portfolio yang berisi tetang hasil karya-karya kita jika posisi yang kita lamar membutuhkan portfolio, seperti karya desain grafis, desain website, hasil jepretan fotografi dan karya lainnya.

Berikut 5 langkah mudah dalam membuat CV agar lebih menarik :

  1. Buatlah CV dalam ukuran A4 dengan desain dan pewarnaan yang eye catching.
  2. CV bisa dibuat dalam orientasi kertas “portrait” atau landscape
  3. Usahakan pembuatan CV Menggunakan Bahasa inggri agar terlihat kualifikasi kamu dalam menguasai bahasa asing.
  4. Menyajikan Informasi selengkap mungkin, antara lain :
    • Data Pribadi/Personal Data yang teridiri dari Nama, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Alamat, Status Pernikahan, Kewarganegaraan, Agama, Tinggi badan, Berat Badan, Alamat E-mail, dan nomor handphone. Juga sertakan foto kamu agar para rekrutment bisa memiliki gambaran seperti apa wajah kamu.
    • Data Riwayat pendidikan kamu, disarankan latar belakang pendidikan yang ditampilkan adalah pendidikan terakhir yang selesai kamu tempuh beserta IPK yang diperoleh.
    • Data Pengalaman Kerja (jika kamu sudah pernah bekerja)
    • Data Penghargaan dan Sertifikasi yang pernah kamu peroleh
    • Data Seminar dan Training yang pernah kamu ikuti
    • Data Kemampuan/Skill dibidang komputer serta kemampuan lain yang mendukung pekerjaan kamu
  5. Buatlah CV kamu dalam 2 bentuk, yaitu bentuk print out (hardcopy) dan bentuk PDF (softcopy) agar dapat digunakan jika ingin melamar pekerjaan via email

Nah, penasarankan bagaimana sih bentuk dari CV yang menarik itu. Yuk kita simak contoh-contoh CV yang didesain agar lebih menarik beserta link unduh nya :

Yups, contoh-contoh diatas merupakan contoh CV yang  dibuat dengan menggunakan aplikasi desain agar memiliki tampilan lebih menarik dan eye chatching. Jadi termotivasi juga kan untuk membuat CV kamu lebih menarik? ayo kembangkan kreatifitas kamu dan tuangkan ide cemerlangmu dalam membuat CV kamu agar sukses dalam melamar pekerjaan. Selamat Mencoba ya :)

note :

  • beberapa contoh cv diatas, merupakan sample dari data yang bukan sebenarnya dan dijadikan contoh dalam penerapan desain grafis berbentuk curiculum vitae (CV)

 

Tags: , , , , , , ,

Readers Comments (7)

  1. Sari says:

    Mbak..mo tnya
    Loker yg utk bag. Keuangan masih bs apply gK?cz baru liat tadi, rencana besok

  2. mbak lowker yg buat beautician msh ad p enggak???

  3. firda says:

    ada lowongan kerja untuk sma gakk :)

  4. makasih bhak sharingnya,
    bs nambah pengetahuan saya,




Lowongan Kerja Terbaru

POSTINGAN PERBULAN

Cari lowongan kerja